PASANG SAKLAR PASSING BEAM LIGHT
![PASANG SAKLAR PASSING BEAM LIGHT](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_-EVsShfVteze35E8-dmG2He1sr2D6Tu2J1R7Foh4viR_9EdLxyUFLmlGH9Q3Bbq135OmTYWwf6nW2hIY1W_4LHi7VhPmnUAfwGEBkNEiMU4H4-97pwllnODCsAw6SDE0uh1zckTbDgRj/s464/Saklar+Dim.jpg)
Pasang Saklar Beam Light Nouvo
1. Beli Saklar lampu RX King (Asli/KW2/Second) untuk diambil saklar lampu beamnya
2. Untuk Nouvo 2002-2004 Tinggal ganti soket kabel (disamakan dengan yg ada di nouvo) dan Pakai saklar lampu RX King (Gbr 01)
3. Untuk Nouvo Z buka saklar RX King dan ambil Saklar Dim (Panah Merah Gbr 01) dengan buka baut yg ada (panah putih, Gbr 02) dan penutup lubang dim di saklar Nouvo Z
4. Potong kabel saklar (2 kabel) jangan terlalu pendek +/- 5cm dan pasang di saklar nouvo dgn memotong sedikit dinding saklar dgn obeng min (Gbr 03 Lingkaran Putih) dekat lubang saklar Dim, pasang kembali baut2 (Gbr 02)
5. Sambung kabel saklar dim ke kabel Kuning Polos dan Kuning strip Merah Saklar lampu Nouvo Z.(gbr 04) beri Isolasi
6. Pasang kembali saklar lampu dan Dicoba dahulu dengan mesin menyala
Ket.
Gbr 01, Saklar RX King tidak menggunakan lampu senja jd cocok untuk Nouvo 2002-2004
1. Beli Saklar lampu RX King (Asli/KW2/Second) untuk diambil saklar lampu beamnya
2. Untuk Nouvo 2002-2004 Tinggal ganti soket kabel (disamakan dengan yg ada di nouvo) dan Pakai saklar lampu RX King (Gbr 01)
3. Untuk Nouvo Z buka saklar RX King dan ambil Saklar Dim (Panah Merah Gbr 01) dengan buka baut yg ada (panah putih, Gbr 02) dan penutup lubang dim di saklar Nouvo Z
4. Potong kabel saklar (2 kabel) jangan terlalu pendek +/- 5cm dan pasang di saklar nouvo dgn memotong sedikit dinding saklar dgn obeng min (Gbr 03 Lingkaran Putih) dekat lubang saklar Dim, pasang kembali baut2 (Gbr 02)
5. Sambung kabel saklar dim ke kabel Kuning Polos dan Kuning strip Merah Saklar lampu Nouvo Z.(gbr 04) beri Isolasi
6. Pasang kembali saklar lampu dan Dicoba dahulu dengan mesin menyala
Ket.
Gbr 01, Saklar RX King tidak menggunakan lampu senja jd cocok untuk Nouvo 2002-2004
HEMAT CARA NOUVO
Pengen berhemat, apalagi dah naik nouvo. Ada yang dapat kita lakukan untuk berhemat dalam pemeliharaan. Seperti pergantian OLI.
Pada Nouvo, oli digunakan untuk pelumasan mesin (Piston dan kruk as) dan gigi rasio. Yang kita ketahui bersama bahwa oli untuk kedua pelumasan tersebut sering kali dibedakan, karena berbeda dalam sistem cara kerja. Dan terdapat 2 jenis oli yg harus kita beli untuk itu.
Disini kita bisa berhemat yaitu dengan menggunakan 1 jenis oli saja. Yang kita gunakan adalah oli mesin dengan sae yang sesuai, dengan ukuran 1 liter. Oli tersebut kita gunakan 800ml untuk mesin, dan 100ml untuk gigi rasio dan masih menyimpan 100ml untuk penggunaan berikut.
Apakah bisa? Kita ambil logikanya saja. Pada motor bebek oli mesin digunakan juga untuk melumasi gigi rasio (yg karena berada dlm blok mesin juga). Apakah gigi rasio motor bebek berbeda dengan Nouvo, dalam hal kinerja? Tentu tidak, hanya berbeda dalam ukuran, jumlah dan cara kerja.
Oleh karena itu bisa kita gunakan dengan cara yang sama. Tapi ingat interval penggantiannya tidaklah sama. Untuk gigi rasio berlaku lebih lama sekitar setiap 2 x ganti oli mesin. Jadi beli oli yang 1 liter apabila pas saatnya yang bersamaan untuk ganti oli.
Pada Nouvo, oli digunakan untuk pelumasan mesin (Piston dan kruk as) dan gigi rasio. Yang kita ketahui bersama bahwa oli untuk kedua pelumasan tersebut sering kali dibedakan, karena berbeda dalam sistem cara kerja. Dan terdapat 2 jenis oli yg harus kita beli untuk itu.
Disini kita bisa berhemat yaitu dengan menggunakan 1 jenis oli saja. Yang kita gunakan adalah oli mesin dengan sae yang sesuai, dengan ukuran 1 liter. Oli tersebut kita gunakan 800ml untuk mesin, dan 100ml untuk gigi rasio dan masih menyimpan 100ml untuk penggunaan berikut.
Apakah bisa? Kita ambil logikanya saja. Pada motor bebek oli mesin digunakan juga untuk melumasi gigi rasio (yg karena berada dlm blok mesin juga). Apakah gigi rasio motor bebek berbeda dengan Nouvo, dalam hal kinerja? Tentu tidak, hanya berbeda dalam ukuran, jumlah dan cara kerja.
Oleh karena itu bisa kita gunakan dengan cara yang sama. Tapi ingat interval penggantiannya tidaklah sama. Untuk gigi rasio berlaku lebih lama sekitar setiap 2 x ganti oli mesin. Jadi beli oli yang 1 liter apabila pas saatnya yang bersamaan untuk ganti oli.
Tips membuat : Handle Bar Anak dan Pelindung Cover Tengah
![Tips membuat : Handle Bar Anak dan Pelindung Cover Tengah](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxg59o3VyeTLa4LPtMmi7_RpKfxky1aaljzrkkVQ59C1do1chetCUXEXi_R24OHx6ac1UWclxVrGy26ttSm6mnJAogT1_hZNM2M5NRwmIq-AL-UQ_F3-KJhWhuIfHmyC_YQhTX4tq32l9L/s464/Handle+%26+Karpet.jpg)
Untuk yang sering membawa anak, bonceng di depan dan tidak mau cover tengah Nouvonya rusak karena kaki anak. Jadi Tips ini buat Sayang Anak dan Sayang Nouvo.
Caranya :
1. Beli handle bar anak dari Vespa PX di bengkel Vespa, harganya sekitar Rp. 5 Rb hingga 10Rb.
2. Beli juga karpet tengah Vespa PX juga dengan harga Rp.8Rb - 10Rb.
3. Bawa handle bar ke tukang bubut/bengkel untuk merenggangkan hingga jaraknya sama dengan jarak dudukan spion kiri dan kanan, ongkosnya cuma uang rokok ajah.
4. Besarkan lubang baut handlebar biar baut spion bisa masuk.
5. Lepas spion dan pasang kembali dengan urutan handle bar lalu spion sebagai pengikatnya.
6. Handle bar dari Vespa PX ini sudah dilapisi oleh selang plastik tapi jika mau handle bar bisa dilapisi busa seperti busa pada handle stang motorcross dulu. Asal jangan terlalu tebal karena tangan anak tidak muat memegang.
7. Buka baut cover tangah dengan obeng Plus
8. Posisikan karpet Vespa diatas cover, buat lobang baut dengan obeng plus tadi ( buat yang center biar apik)
9. Pasang karpet dengan baut cover kembali.
ANAK SENANG TIDAK PEGEL, NOUVO KITA TIDAK BARET.
Perhatian :
1. Tidak untuk anak dibawah 3 tahun (belum bisa memegang), dan anak diatas 7 tahun (pandangan pengemudi bisa terhalang)
2. TETAP pakaikan anak HELM yang pas.
Caranya :
1. Beli handle bar anak dari Vespa PX di bengkel Vespa, harganya sekitar Rp. 5 Rb hingga 10Rb.
2. Beli juga karpet tengah Vespa PX juga dengan harga Rp.8Rb - 10Rb.
3. Bawa handle bar ke tukang bubut/bengkel untuk merenggangkan hingga jaraknya sama dengan jarak dudukan spion kiri dan kanan, ongkosnya cuma uang rokok ajah.
4. Besarkan lubang baut handlebar biar baut spion bisa masuk.
5. Lepas spion dan pasang kembali dengan urutan handle bar lalu spion sebagai pengikatnya.
6. Handle bar dari Vespa PX ini sudah dilapisi oleh selang plastik tapi jika mau handle bar bisa dilapisi busa seperti busa pada handle stang motorcross dulu. Asal jangan terlalu tebal karena tangan anak tidak muat memegang.
7. Buka baut cover tangah dengan obeng Plus
8. Posisikan karpet Vespa diatas cover, buat lobang baut dengan obeng plus tadi ( buat yang center biar apik)
9. Pasang karpet dengan baut cover kembali.
ANAK SENANG TIDAK PEGEL, NOUVO KITA TIDAK BARET.
Perhatian :
1. Tidak untuk anak dibawah 3 tahun (belum bisa memegang), dan anak diatas 7 tahun (pandangan pengemudi bisa terhalang)
2. TETAP pakaikan anak HELM yang pas.
Bikin terang lampu nouvomu
![Bikin terang lampu nouvomu](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhypKM7RyRKtbuyerZZuomSjb4uuPklL0fMY62oB28mZp_Q77Foz53iM29Hvd3oeHis7XDsAVXVdNBOIZAkBJREf68CB6NZQur5qKPb2M72LB87k8ewaBQWJtUq7fT3KsLBIGgYwPkac_tn/s464/Nouvo+DC.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi_YMoVXSKgHTXwmHWkyfz4a7J58f5A786DE8dt3i28X_bACMwDo-lOlCHP1m4DSAlGqIqrm9G_o03ahs_17sL8gknPrpYQ-diagM7atieHbATw_nfOXeUo6_nuMIoJGpY4d7OGmKOvdM2e/s464/Bahan+Kiprok.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhke82Ot7BDB07fFlaHAbWlx87F3_6kWmszs01lFJGLafNwHdFr5l0A4CHssg4sDKfZKPbBVK5Hjmo87joNgvaraKMlMwIEr2WJnMFT87PtO5Xi0QYdWMH504e-N08Y40Yr1qdGgi4kdOfb/s464/Pasang+Kiprok03+copy.jpg)
Lampu utama (Headlight) Yamaha Nouvo Standarnya menggunakan 2 buah bohlam ukuran 25/25 watt merk Stanley, dalam artian untuk lampu dekat dan lampu jauh(Dim) sama besaran wattnya hanya berbeda sudut pancarnya. Sehingga total dari headlight adalah 50 Watt.
Untuk bikin terang headlight ini ada cara mudah dan plug n play, yaitu menggunakan bohlam ukuran 35/35Watt (Kalo bisa yang merek Stanley asli atau Osram) sehingga total pancaran headlight sebesar 70 Watt.
Atau :
Cara terbaru dengan merubah cara pengisian aki Nouvo menjadiFullwave seperti motor batangan, jadi lampu mendapat arus dari aki langsung dan Nouvo standart sudah dilengkapi dengan itu tinggal merubah sedikit.
Rubahannya, ganti kiprok Nouvo dengan Kiprok/regulator milik Honda Tiger, dan merubah perkabelan menjadi :
Untuk bikin terang headlight ini ada cara mudah dan plug n play, yaitu menggunakan bohlam ukuran 35/35Watt (Kalo bisa yang merek Stanley asli atau Osram) sehingga total pancaran headlight sebesar 70 Watt.
Atau :
Cara terbaru dengan merubah cara pengisian aki Nouvo menjadiFullwave seperti motor batangan, jadi lampu mendapat arus dari aki langsung dan Nouvo standart sudah dilengkapi dengan itu tinggal merubah sedikit.
Rubahannya, ganti kiprok Nouvo dengan Kiprok/regulator milik Honda Tiger, dan merubah perkabelan menjadi :
- Kabel Putih & Hitam dari Spul jd input ke kiprok (dua pin baris bawah kiprok).
- kabel Kuning dari spull tidak dipakai
- Kabel Kuning merah dari arah sakelar lampu di-join kekabel coklat output kunci kontak. Jd lampu bisa di-ON bila kunci kontak ON (meski mesin tidak hidup).
Nambah kabel untuk nyambung output kunci kontak ke pin tengah kiprok Tigi sebagai monitor tegangan. - Sisanya, pin kiri-kanannya pin monitor teganan di kiprok tuk keluaran ke aki (kiri = plus Aki | merah, kanan = ground/massa Aki | hitam)
- Tarik kabel dari pin tengah Kiprok ke batok lampu, sambung ke kabel coklat di soket speedometer
- Jika perlu bisa ditambah dengan 2 relay kaki 4 untuk lampu dekat dan jauh.
- Cara pasang Relay, kaki 30 adalah untuk kabel (+) ke AKI,86 untuk ke Kabel dari Saklar lampu (kuning atau Hijau), 85untuk kabel Ground/massa (-) aki, 87 untuk output ke lampu, disamakan dalam 1 relay sesuai kabel dari saklar lampu Kuning-kuning, hijau-hijau
info from http://www.nouvoku.blogspot.com/
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgC751WGZzmqazPJFO5y0KGMCu-gfeVzKQOaVf4fk73IYY2mWh4gL1LD290tPcwHp4L2wW7r4xFbYdqUrhFzXPNXU__NfqCbtwENULWUTICQFpgThwDqca0hhtyboN_f4xQk05_koITn7z9/s400/BKM-R1-2.jpg)
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGwv1b89d0BDKmr5u1C1yRX87GIm5B1A8Z2KJxpG7S0M6u7QCdXEWd05NVz6PCHo3ITaUTdZxNTRLT4hYCqMzxTEwSeLf64hD5c-n-2QZwJ8fHsOue2_uyXZzDdduSzFRYykiCPqdHSMt7/s400/BKM-R1-3.jpg)
Sumber :
http://kakang-bkm.blogspot.com/2009/08/yamaha-nouvo-baby-r1.html Selengkapnya...
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6LKAjz-VKIkm1ZqLKVGIrf-EcMQsJVKYfIC4kXJIStvApBu99Labz2yo6IgPE7jZfK-_ZdTK42cR9FKFpIBzX65-m0R1mqzDK-Ct9-jCevSSCu3BPtgM0AfQwAOYlljHugyXBvwBUeoc/s200/Photo-0065.jpg)
Selengkapnya...
Selengkapnya...
Selengkapnya...
![](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_tJNko__t6B5Qnq_wnW-DhExMMolnizlu-MQtqUrwt9jFklw_ljeIxtrYEbCHhHYbWsPrF38GyFlqs4MrZWqt2Wbd1fidIGO7iDT8q4qdsIqgzpuA=s0-d)
![](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_uah1yuz_5u8HUvX3VH7vmps_Kglt_vdjlobXHDVeU7sNpwEXEx6ae7OLJ6lpSbj0-WrxwZIWvi1w0tChRuiqT5y3D8jORg-bq50AFiL-GW41QQQg=s0-d)
![](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_vXYytl4N9WHPOtjLe6obDWJea145rX6f0VGLpVh5nVJVpH7hDqDKvpTzqe2SEWbbFcnTpjjavgImohXn8ssLDJufdXwrAIeyzmtxlTug2s9nR6=s0-d)
![](https://lh3.googleusercontent.com/blogger_img_proxy/AEn0k_v1baMzLopIRE7B5QQ6vsXPgTKsrN3a1wsYmWQLTjZFBoMdm-gf5bXOSJCaKGIX9eL8p7IZQtcwVJiBCnd-1PLs5GZ7vB2Skb1FOk-P0w790isw=s0-d)
Skubek yang bertranmisi CVT alias matik perlu pasang engine cut-off. Bila bermasalah seperti tali gas nyangkut, mesing bisa langsung segera dimatikan. Langkah ini mampu mencegah bablas angine. Maksudnya, nabrak apa saja yang ada di depan.
Selengkapnya...
Pasang Foot Step Boncenger Nouvo-Z di NuLe
Ada dua tahap, pertama pasang Foot Step-nya kedua coak bodynya. Berikut langkah2nya..
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgM7sKfb-JvUQrctApMyAp8ogOh-t87BVkTzBUlvyQX-WXH8pdPOra0zmxM20ZfZsN6cp4ZWepwJ48fJDYS1oYDJuRxUBEzBnU8EMfpsoZM18HUgoitWopwpqOTxO3RjNSF7KUqCRopOpXh/s400/langkah1.jpg)
Ada dua tahap, pertama pasang Foot Step-nya kedua coak bodynya. Berikut langkah2nya..
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgM7sKfb-JvUQrctApMyAp8ogOh-t87BVkTzBUlvyQX-WXH8pdPOra0zmxM20ZfZsN6cp4ZWepwJ48fJDYS1oYDJuRxUBEzBnU8EMfpsoZM18HUgoitWopwpqOTxO3RjNSF7KUqCRopOpXh/s400/langkah1.jpg)
PASANG FOOT STEP :
1. Beli Footstep Nu-Z sepasang 180 ribu lengkap dengan karetnya (harga Cineng Motor- Cileduk).
2. Sediakan baut L 9mm (gambar 1) untuk Foot Step kiri yang panjang dan yang pendek untuk yang kanan. Kenapa pake baut L? karena lobang Foot Step sempit jadi cuman muat kunci L … CMIIW.
3. Untuk Foot Step kiri.. Coak sedikit dudukan cover bawah (gambar 2) pake gerinda listrik. Maksudnya biar ujung Foot Step engga mentok (gambar 3). Setelah itu tinggal pasang aja karena lobang bautnya plek !(gambar 5).
4. Untuk Foot Step kanan.. bikin lobang baru, karena lobangnya beda jarak. Caranya, pasang Foot Step dengan baut atas, baru di bor lobang baru dibagian bawah, hati-hati jangan terlalu tipis jarak luarnya ! Lobang baru boleh di bor saja dan ujungnya pakai mur atau kalau mau di Tap juga oke. Setelah itu tinggal pasang deh (gambar 6).
Note : Urusan coak rangka, bubut dan bor bisa ke tukang las aja Gan..
1. Beli Footstep Nu-Z sepasang 180 ribu lengkap dengan karetnya (harga Cineng Motor- Cileduk).
2. Sediakan baut L 9mm (gambar 1) untuk Foot Step kiri yang panjang dan yang pendek untuk yang kanan. Kenapa pake baut L? karena lobang Foot Step sempit jadi cuman muat kunci L … CMIIW.
3. Untuk Foot Step kiri.. Coak sedikit dudukan cover bawah (gambar 2) pake gerinda listrik. Maksudnya biar ujung Foot Step engga mentok (gambar 3). Setelah itu tinggal pasang aja karena lobang bautnya plek !(gambar 5).
4. Untuk Foot Step kanan.. bikin lobang baru, karena lobangnya beda jarak. Caranya, pasang Foot Step dengan baut atas, baru di bor lobang baru dibagian bawah, hati-hati jangan terlalu tipis jarak luarnya ! Lobang baru boleh di bor saja dan ujungnya pakai mur atau kalau mau di Tap juga oke. Setelah itu tinggal pasang deh (gambar 6).
Note : Urusan coak rangka, bubut dan bor bisa ke tukang las aja Gan..
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi04HXYkUUUwqO8o4aH5O2J3p1Pp6g_QauJO1JJNpjChc8tjou7QJ0JqiqkzLmUmo5KccKnIJWim262-GmGF_JsygtY_Et0_x5OR0TxCLgmUtGraPvWZxNt9WLHxMXY-gUCwzVg6cfCKPmf/s400/langkah2.jpg)
COAK BODY :
Setelah urusan pasang Foot Step lalu masuk bagian yang tersulit… yaitu coak body (dibutuhkan kesabaran dan ketelitian..)
1. Pertama siapkan alat seperti penggaris, gergaji besi (kalo mau sip pakai gergaji triplek..), cutter besar, pensil, kikir dan amplas.
2. Bikin dulu pola pakai pensil & penggaris (gambar 1 & 2).
3. Potong pola yang sudah dibuat pakai gergaji besi ato gergaji triplek (bisa juga pakai alat seperti gerinda listrik ato bahkan pisau yang dipanaskan .. terserah enaknya aja..). Kerjakan dengan teliti & potong sampai lepas semua (gambar 3)
4. Berikutnya (gambar 4) dihaluskan pakai kikir besi dan di amplas sampai halus dan jadinya seperti ini (gambar 5)
5. Setelah itu cover tinggal dipasang seperti biasa (gambar 6) dan tampilan NuLe kita jadi beda dan tentunya keren Gan.. (gambar 6) dan yang terpenting, betis rider kalo turun ngayun engga kena kaki boncenger kalo lagi bawa boncenger..
Catatan : Coak body beresiko kegagalan, jadi mesti hati-hati ! Pola coakan dapat disesuaikan dengan selera kita.
Selengkapnya...Setelah urusan pasang Foot Step lalu masuk bagian yang tersulit… yaitu coak body (dibutuhkan kesabaran dan ketelitian..)
1. Pertama siapkan alat seperti penggaris, gergaji besi (kalo mau sip pakai gergaji triplek..), cutter besar, pensil, kikir dan amplas.
2. Bikin dulu pola pakai pensil & penggaris (gambar 1 & 2).
3. Potong pola yang sudah dibuat pakai gergaji besi ato gergaji triplek (bisa juga pakai alat seperti gerinda listrik ato bahkan pisau yang dipanaskan .. terserah enaknya aja..). Kerjakan dengan teliti & potong sampai lepas semua (gambar 3)
4. Berikutnya (gambar 4) dihaluskan pakai kikir besi dan di amplas sampai halus dan jadinya seperti ini (gambar 5)
5. Setelah itu cover tinggal dipasang seperti biasa (gambar 6) dan tampilan NuLe kita jadi beda dan tentunya keren Gan.. (gambar 6) dan yang terpenting, betis rider kalo turun ngayun engga kena kaki boncenger kalo lagi bawa boncenger..
Catatan : Coak body beresiko kegagalan, jadi mesti hati-hati ! Pola coakan dapat disesuaikan dengan selera kita.
SENIN, 24 MEI 2010
modifikasi
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgC751WGZzmqazPJFO5y0KGMCu-gfeVzKQOaVf4fk73IYY2mWh4gL1LD290tPcwHp4L2wW7r4xFbYdqUrhFzXPNXU__NfqCbtwENULWUTICQFpgThwDqca0hhtyboN_f4xQk05_koITn7z9/s400/BKM-R1-2.jpg)
Repot memang kalau sudah jatuh hati. Tapi, suatu keberanian yang luar biasa justru muncul dari situ. Contohnya, seperti dialami Dodi Hardianto dari Bandung yang kepincut sama moge (motor gede) turing.
Yamaha Nouvo 2006 miliknya pun jadi sasaran operasi perombakan wajah dan bentuk. Tinggal menyisakan mesin yang masih dipakai, "Sedang seluruh rangka dibuat dari pipa 3/4 inci," ungkap sang pemodifikator Dadan A.R dari bengkel Matic Project (MP) Cimahi, Jawa Barat.
Yamaha Nouvo 2006 miliknya pun jadi sasaran operasi perombakan wajah dan bentuk. Tinggal menyisakan mesin yang masih dipakai, "Sedang seluruh rangka dibuat dari pipa 3/4 inci," ungkap sang pemodifikator Dadan A.R dari bengkel Matic Project (MP) Cimahi, Jawa Barat.
Dadan yang mengubah bentuk Nouvo dari skutik menjadi model sport moge, bukan pekerjaan gampang. Apalagi model yang menjadi contoh baby R1 yang masih dari keluarga Yamaha.
Tantangannya, harmonisasi antara lampu dan fairing. Seperti lampu, Dadan dkk masih mempertahankan standar Nouvo Z sebagai identitas aslinya. Meski didesain ulang dengan banyak sudut untuk menyesuaikan dengan bodi. Agar tambah sporty ditambah visor layaknya moge.
Tantangannya, harmonisasi antara lampu dan fairing. Seperti lampu, Dadan dkk masih mempertahankan standar Nouvo Z sebagai identitas aslinya. Meski didesain ulang dengan banyak sudut untuk menyesuaikan dengan bodi. Agar tambah sporty ditambah visor layaknya moge.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjGwv1b89d0BDKmr5u1C1yRX87GIm5B1A8Z2KJxpG7S0M6u7QCdXEWd05NVz6PCHo3ITaUTdZxNTRLT4hYCqMzxTEwSeLf64hD5c-n-2QZwJ8fHsOue2_uyXZzDdduSzFRYykiCPqdHSMt7/s400/BKM-R1-3.jpg)
"Kalau mengikuti model R1 kan pakai fairing dan pada Nouvo tak bisa diwujudkan lantaran mentok di lampu saat belok," sebut Dadan. Sangat tidak mungkin posisi lampu dimajukan membuat harmonisasinya tambah jelek.
Selain itu, jarak sumbu roda asli, kata Dadan, tetap dipertahankan agar handling enak. Mengingat motor ini dipaskai harian.
Untuk bodi terpaksa tanpa fairing layaknya moge 1.000 cc milik garputala. Supaya kesan sporty lebih mencolok, maka desainnya serbaruncing. Seperti tangki yang bagian luarnya dikondomi fiber.
Selain itu, jarak sumbu roda asli, kata Dadan, tetap dipertahankan agar handling enak. Mengingat motor ini dipaskai harian.
Untuk bodi terpaksa tanpa fairing layaknya moge 1.000 cc milik garputala. Supaya kesan sporty lebih mencolok, maka desainnya serbaruncing. Seperti tangki yang bagian luarnya dikondomi fiber.
Kemudian lihat bagian buritan, meski sempat bingung pemakaian lampunya, akhirnya teratasi dengan punya Bajaj Pulsar. Terakhir soal radiator, Dadan menyiasatinya pakai punya Suzuki Kariumun, sehingga enggak ada bagian yang kosong.
Sumber :
http://kakang-bkm.blogspot.com/2009/08/yamaha-nouvo-baby-r1.html Selengkapnya...
tips membeli NOUVO
Bagian mesin :
1. Tidak ada rembesan olie.
2. Bunyi mesin halus.
3. Ukuran seher masih ori ( belum oversize )
4. Kondisi mesin hidup, knalpot tdk mengeluarkan asap putih.
5. Standar tengah dan goyang2 ban belakangnya, apakah goyangnya parah atau tidak antara mesin dan rangka utama,
Bagian CVT :
1. Suara di bagian CVT halus, saat langsam dan saat di gas.
2. Test drive, awal jalan terasa halus, tidakngegeredek.
Kenapa ???.....
karena jika dibeli dalam keadaan mesin &cvt amburadul sama aja menguras kantong buat benerin mesin bagian dalem cvt dengan memakai part nouvo ori.
Tips & triks by : buayaudara
====================================================
Additional tips from Erwin_arifin :
Colek lubang knalpot dan pastikan kerak hitamnya kering, bukan basah. Serta kelurusan batok lampu, spakbor dan roda. Juga kelurusan shock belakang dgn ban harus sejajar........
Selengkapnya...
1. Tidak ada rembesan olie.
2. Bunyi mesin halus.
3. Ukuran seher masih ori ( belum oversize )
4. Kondisi mesin hidup, knalpot tdk mengeluarkan asap putih.
5. Standar tengah dan goyang2 ban belakangnya, apakah goyangnya parah atau tidak antara mesin dan rangka utama,
Bagian CVT :
1. Suara di bagian CVT halus, saat langsam dan saat di gas.
2. Test drive, awal jalan terasa halus, tidakngegeredek.
Kenapa ???.....
karena jika dibeli dalam keadaan mesin &cvt amburadul sama aja menguras kantong buat benerin mesin bagian dalem cvt dengan memakai part nouvo ori.
Tips & triks by : buayaudara
====================================================
Additional tips from Erwin_arifin :
Colek lubang knalpot dan pastikan kerak hitamnya kering, bukan basah. Serta kelurusan batok lampu, spakbor dan roda. Juga kelurusan shock belakang dgn ban harus sejajar........
Selengkapnya...
subtitusi karet vakum
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg6LKAjz-VKIkm1ZqLKVGIrf-EcMQsJVKYfIC4kXJIStvApBu99Labz2yo6IgPE7jZfK-_ZdTK42cR9FKFpIBzX65-m0R1mqzDK-Ct9-jCevSSCu3BPtgM0AfQwAOYlljHugyXBvwBUeoc/s200/Photo-0065.jpg)
Karburator model Vakum mempunyai kelemahan yaitu Vakum yang mudah robek, karena sangat tipis dan sensitif terutama terhadap bensin. Kebanyakan Vakum Karbu rusak karena kesalahan pada saat membongkar karbu, untuk para pengguna karbu seperti Nouvo bisa mengganti dengan ....
cek thermo switch
Selain memeriksa unit auto choke, untuk memastikan kinerja sistem cuk otomatis masih baik atau tidak juga dilakukan dengan memeriksa thermo switch. Siapkan termometer, multitester dan air dalam nampan untuk merebus thermo switch (gbr.4). Hati-hati, thermo switch jangan sampai jatuh karena sangat sensitif. Hasil pengukuran lihat
cek auto choke new nouvo z
Sistem cuk Yamaha New Nouvo Z terbilang modern. Enggak lagi model manual lewat tarik tuas tapi sudah bekerja otomatis (auto choke). Saat dibutuhkan (mesin dingin), katup cuk secara otomatis bekerja. Nah, berhubung semuanya bekerja secara electrical maka prosedur pengecekan juga berbeda dengan tipe manual.
Pengecekan kerja auto choke bisa dilakukan dengan ditiup dan mengukur tahanan PTC thermistor dan thermo switch....
Pengecekan kerja auto choke bisa dilakukan dengan ditiup dan mengukur tahanan PTC thermistor dan thermo switch....
pasang saklar passing beam
Pasang Engine Cut-Off
Skubek yang bertranmisi CVT alias matik perlu pasang engine cut-off. Bila bermasalah seperti tali gas nyangkut, mesing bisa langsung segera dimatikan. Langkah ini mampu mencegah bablas angine. Maksudnya, nabrak apa saja yang ada di depan.
Selengkapnya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar